4 Tipe Kepribadian Suami Menurut Psikologi dan Islam

4 Tipe Kepribadian Suami Menurut Psikologi dan Islam

“Suamiku tuh orangnya dominan banget. Susah banget kalo dibilangi. Sekali A ya A! Dan kalo ngomongnya tuh blak-blakan. Gak suka ya bilang gak suka!”

“Kalo suamiku tuh orangnya supel, temennya banyak, gampang kenal orang, tapi ya gitu, jarang di rumah. Dan agak susah diajak serius.”

“Suamiku tuh ya, orangnya perhitungaaaan banget. Anggaran rumah tangga aja diatur detil banget, sampe ongkos parkir aja dihitung!”

“Kalo suamiku orangnya kalem, tenang, gak banyak ribut, lebih suka ngalah, tapi ya susah juga kalo disuruh milih. Soalnya dia lebih sering jawabnya “Terserah lah..” kayak gak punya pendirian..”

Dari 4 percakapan itu, kira-kira suami Bunda termasuk suami tipe yang mana?

Nah di artikel kali ini, saya ingin membagikan 4 tipe kepribadian suami menurut psikologi maupun Islam.

Sahabat Bunda, dalam Islam maupun kajian ilmu psikologi, kepribadian manusia dibagi menjadi 4 jenis. Yaitu koleris alias tipe dominan, tipe sanguinis, alias tipe yang hangat, periang, dan bersahabat, tipe melankolis alias tipe pemikir, detail, dan perfeksionis, dan juga plegmatis, yang mana orangnya tenang, damai, dan slow.

Dalam Islam sendiri, Rasulullah SAW pernah menganjurkan umat muslim untuk mengikuti qudwah dari sahabat-sahabatnya, terutama Abu Bakar dan Umar.

Yang mana, Abu Bakar dan Umar adalah 2 figur yang bertolak belakang secara kepribadian, dan secara umum, keduanya mewakili 2 jenis kepribadian manusia yaitu tipe introvert (Abu Bakar) dan extrovert (Umar).

Selain Abu Bakar dan Umar, ada juga tipe seperti Ali dan Utsman bin Affan yang melengkapi 4 puzzle kepribadian. Dan, 4 sahabat Rasul ini ibarat role model dari 4 tipe kepribadian setiap orang, termasuk suami Bunda.

Tipe Koleris (Dominan) ala Umar bin Khattab.

Sahabat Umar bin Khattab punya kepribadian yang tegas, blak-blakan, pemberani, dan dominan.

Dalam kajian psikologi, watak semacam ini digolongkan ke dalam watak koleris.

Jadi kalau suami Bunda tipenya dominan, sukan ngatur, nggak suka diatur, blak-blakan kalo ngomong, kuat pendirian, nah, ini role model-nya merujuk ke kepribadian ala Sahabat Umar bin Khattab.

Nah, biasanya kalo suami Bunda termasuk tipe koleris, sebaiknya Bunda tidak terlalu banyak cerita atau bicara panjang lebar ke suami bila Bunda ingin didengarkan. Sebab, suami tipe ini butuh sesuatu yang praktis dan cepat selesai.

Sisi positif dari sifat dominannya adalah dia punya sense of leadership alias jiwa kepemimpinan yang tinggi.

Namun, dia tipe orang yang tidak suka didebat, agak keras,

Dan kebutuhan psikologisnya saat di rumah adalah ditaati dan dilayani. Dan dia ini gak suka kalo dibantah.

Tipe Plegmatis (Tenang) ala Abu Bakar

Ada juga Sahabat Abu Bakar yang tipenya itu tenang, kalem, lembut, dan sabar.

Ini adalah cerminan watak plegmatis, yang cenderung lebih tenang, penyabar, dan damai.

Jadi kalau suami Bunda orangnya lebih suka ngalah, tenang, adem, sabar, dan nggak banyak bicara, itu biasanya tipenya tipe Abu Bakar ini.

Suami tipe plegmatis itu butuh dukungan, support, dan motivasi dari istri.

Dan kalau suami Bunda masuk tipe yang tenang, kasih dia kepercayaan lebih untuk memimpin.

Kepribadian Melankolis (Detail & Perfeksionis) ala Utsman

Kemudian yang ketiga ada tipe kepribadian ala Utsman. Nah, Utsman ini orangnya pemalu, detail, teliti, penuh perhitungan, dan orangnya lebih suka di balik layar. Nah ini masuknya tipe melankolis.

Jadi kalo suami Bunda tipe melankolis, biasanya dia orangnya agak susah dibikin seneng. Karena seleranya beda dengan orang pada umumnya.

Dan kalo disuruh ngitung, wah itu seneng banget dia. Makanya dia agak perhitungan, semua dictate dengan teliti, rapi, dan teratur.

Nah, suami tipe ini tu biasanya butuh ruang dan waktu untuk ME TIME. Jadi kalau pulang kerja, saran saya, kasih dia waktu untuk menenangkan diri.

Kepribadian Sanguinis (Periang) ala Ali bin Abi Thalib

Tipe kepribadian berikutnya yaitu tipenya Ali bin Abi Thalib.

Beliau ini orangnya suka bercanda, rame, periang, dan banyak teman.

Dalam istilah psikologi sering dikenal sebagai kepribadian sanguinis.

Suami tipe sanguinis biasanya suka bercanda, mudah bergaul, banyak kenalan, sering lebih suka keluar rumah, dan suka mencoba pengalaman baru.

Kalau suami Bunda kebetulan tipe yang seperti ini, cara menaklukkannya, Bunda perlu ceburi hobi dan minat suami, supaya Bunda dan suami bisa tetep satu chemistry, tetap satu frekuensi, sehingga aura rumah tangga Bunda tetap selaras.

Nah, itu tadi 4 tipe kepribadian suami menurut psikologi, yang mana ada tipe koleris, plegmatis, melankolis, dan sanguinis, yang masing-masing direpresentasikan oleh 4 sahabat terbaik Rasulullah SAW.

Semoga bermanfaat, dan bisa menjadi acuan dalam memperlakukan suami sesuai dengan watak dan sifatnya, sehingga insya Allah hubungan Bunda dan suami makin harmonis.

BACA JUGA:

WhatsApp Konsultasi via WhatsApp